Strategi Media Relations Hubungan Masyarakat Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dalam Menjaga Citra Lembaga

  • Adrian Ali Fadhilla Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis strategi media relations yang digunakan Humas untuk menjaga citra Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah wartawan media massa dan staf Humas Untag Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian ini dipastikan dengan menggunakan metode triangulasi teknik. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi media relations Humas Untag Surabaya dalam menjaga citra Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Terbukti dari peran Humas Untag Surabaya dalam bentuk publikasi press release, mengadakan konferensi pers, memasang iklan yang bersifat advertorial kepada segmen yang sesuai dengan media massa melalui daftar media. Humas Untag Surabaya menjalin relasi yang erat dengan rekan-rekan media massa melalui acara media gathering, menyediakan fasilitas media center untuk bekerja, mengumpulkan informasi, menjalin komunikasi dua arah dengan para wartawan mengenai kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan.

Kata kunci: Hubungan Masyarakat, Media Relations, Citra

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-30