ANALISIS KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA PADA DEPARTEMEN PRODUKSI DIVISI KARUNG PLASTIK SESUAI STANDAR ISO 9001:2015 (Studi Kasus Pada PT.X Di Sidoarjo)

  • Marco Rayhan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan kompetensi Sumberdaya manusia pada perusahaan industri yang menerapkan standar ISO 9001 : 2105. Salah satu dari sepuluh klausul ISO 9001 : 2015 adalah performance evaluation. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan menggunakan instrumen kuesioner yang disebar pada tiga unit kerja (circular, extruder, dan finishing) untuk 60 responden di divisi karung plastik. Kuesioner dirancang sesuai dengan standar ISO 9001 : 2015 yang telah disesuaikan dengan kondisi operasional perusahaan. Analisis yang dilakukan adalah deskriptif, membandingkan standar kompetensi yang disyaratkan perusahaan dengan kondisi lapangan yang diekspresikan melalui jawaban responden. Alat analisis yang digunakan adalah Radar Chart, Diagram Pareto dan Diagram Fishbone. Aspek penelitian ini meliputi kompetensi kemampuan membuat perencanaan kerja, syarat jabatan dan kinerja. Hasil temuan penelitian ini adalah secara umum penerapan ISO 9001 : 2015 yang disesuaikan dengan operasional PT. X telah dilaksanakan dengan baik khususnya pada Departemen Produksi Divisi Karung Plastik. Kondisi lapangan menunjukkan bahwa 3 (tiga) jenis kompetensi yang diteliti pada tiga unit kerja (circular, extruder dan finishing) karung plastik yaitu kompetensi kemampuan membuat perencanaan, syarat jabatan dan kineja memiliki skor kompetensi “mendekati kompeten†rata-rata diatas 4 dari 5 skala tingkat kompetensi. Terdapat beberapa aspek kompetensi yang perlu ditingkatkan nilainya yaitu aspek tingkat kegagalan, aspek disiplin penggunaan standar K3, aspek saling bekerja dalam bimbingan dan aspek pemahaman efek kegagalan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rayhan, Marco & Kusmaningtyas, Amiartuti, 2019, Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia Pada Departemen Produksi Divisi Karung Plastik Sesuai Standar ISO 9001:2015 (Studi Kasus Pada Pt.X Di Sidoarjo), Jurnal Ekonomi Manajemen 17, Volume IV Nomor 1, Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya.

Published
2019-11-11
Section
Articles