ANALISIS RASIO LIKUIDITAS, RASIO SOLVABILITAS DAN RASIO PROFITABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA INDUSTRI ROKOK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2017

  • Putri Kurnia Suci Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana kinerja keuangan industri rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dilihat dari rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan rasio profitabilitas pada perusahaan yang go public yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja keuangan industri rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi pada penelitian ini adalah semua industri rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang terdiri dari empat sampel industri rokok yaitu PT. Gudang Garam Tbk., PT. Handjaya Mandala Sampoerna Tbk., PT. Bentoel International Investama Tbk., dan PT. Wismilak Inti Makmur Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif dengan menggunakan rasio keuangan kemudian di jabarkan dalam bentuk narasi. Simpulan dari penelitian ini, PT. Handjaya Mandala Sampoerna Tbk. yang memiliki kinerja keuangan yang bagus dibandingan dengan standarisasi secara teori, yang kedua adalah PT. Wismilak Inti Makmur Tbk., yang ketiga adalah PT. Gudang Garam Tbk., dan yang terakhir adalah PT. Bentoel Internasional Investama Tbk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suci, P. Kurnia & Pristiana, Ulfi, 2019, Analisis Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Dan Rasio Profitabilitas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Industri Rokok Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017, Jurnal Ekonomi Manajemen 17, Volume IV Nomor 1, Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya.

Published
2019-11-11
Section
Articles