PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO PERHIASAN EMAS LANCAR JAYA SEKARAN LAMONGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan: (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian; (2) pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian; (3) pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian; (4) pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian; dan (5) variabel manakah yang paling dominan diantara variabel kualitas pelayanan, persepsi harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di Toko Perhiasan Emas Lancar Jaya Sekaran, Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik pemgambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan non-probability sampling yaitu accidental sampling. Kriteria yang digunakan adalah responden yang telah melakukan pembelian di Toko Perhiasan Emas Lancar Jaya Sekaran, Lamongan. Pada penelitian ini variabel bebasnya terdiri dari kualitas pelayanan, persepsi harga, dan lokasi. Variabel terikatnya keputusan pembelian. Pengujian instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi sebesar 0,585. Berarti variabel kualitas pelayanan, persepsi harga, dan lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 58,5%. Sedangkan sisanya 41,5% dipengaruhi variabel lain diluar model regresi. Hasil uji t variable Kualitas Pelayanan thitung 3,784 > ttabel (0,677) mendukung hipotesis pertama. Variabel Persepsi Harga thitung 2,963 > ttabel (0,677) mendukung hipotesis kedua. Variabel Lokasi thitung 4,253 > ttabel (0,6770) mendukung hipotesis ketiga. Uji F dengan membandingkan Fhitung (45,064) > Ftabel (2,70) signifikansi 0,000 < taraf signifikansi 0,05 mendukung hipotesis keempat.Downloads
Download data is not yet available.
References
Adipramita, Vionna & Cempena, I. Bagus, 2019, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Perhiasan Emas Lancar Jaya Sekaran Lamongan, Jurnal Ekonomi Manajemen 17, Volume IV Nomor 1, Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya.
Published
2019-11-11
Issue
Section
Articles
Copyright (c) 2020 Vionna Adipramita
Authors whose manuscript is published will approve the following provisions:
- The right to publication of all journal material published on the JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen website is held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain the property of the author).
- The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license, which means JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen reserves the right to store, modify the format, administer in the database, maintain and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
- Printed and electronically published manuscripts are open access for educational, research, and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.