PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO PERHIASAN EMAS LANCAR JAYA SEKARAN LAMONGAN

  • Vionna Adipramita Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan: (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian; (2) pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian; (3) pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian; (4) pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian; dan (5) variabel manakah yang paling dominan diantara variabel kualitas pelayanan, persepsi harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di Toko Perhiasan Emas Lancar Jaya Sekaran, Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik pemgambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan non-probability sampling yaitu accidental sampling. Kriteria yang digunakan adalah responden yang telah melakukan pembelian di Toko Perhiasan Emas Lancar Jaya Sekaran, Lamongan. Pada penelitian ini variabel bebasnya terdiri dari kualitas pelayanan, persepsi harga, dan lokasi. Variabel terikatnya keputusan pembelian. Pengujian instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi sebesar 0,585. Berarti variabel kualitas pelayanan, persepsi harga, dan lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 58,5%. Sedangkan sisanya 41,5% dipengaruhi variabel lain diluar model regresi. Hasil uji t variable Kualitas Pelayanan thitung 3,784 > ttabel (0,677) mendukung hipotesis pertama. Variabel Persepsi Harga thitung 2,963 > ttabel (0,677) mendukung hipotesis kedua. Variabel Lokasi thitung 4,253 > ttabel (0,6770) mendukung hipotesis ketiga. Uji F dengan membandingkan Fhitung (45,064) > Ftabel (2,70) signifikansi 0,000 < taraf signifikansi 0,05 mendukung hipotesis keempat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adipramita, Vionna & Cempena, I. Bagus, 2019, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Perhiasan Emas Lancar Jaya Sekaran Lamongan, Jurnal Ekonomi Manajemen 17, Volume IV Nomor 1, Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya.

Published
2019-11-11
Section
Articles