PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2016

  • Riananda Agustina Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Penelitian ini mengambil objek penelitian pada perusahaan sektor telekomunikasi yang terdaftar di BEI 2011 - 2016. Pemilihan perusahaan ini dilatar belakangi karena pembangunan telekomunikasi di Indonesia telah memasuki babak baru dengan semakin berkembang pesatnya industri teknologi informasi. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan dan menganalisis : (1) Likuiditas berpengaruh signifikan terhadap Kebijakan Dividen. (2) Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Kebijakan Dividen. (3) Solvabilitas berpengaruh signifikan terhadap Kebijakan Dividen. (4) Likuiditas berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. (5) Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. (6) Solvabilitas berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. (7) Kebijakan Dividen berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Metode Pengambilan Sampel dengan Purposive Sampling berdasarkan pertimbangan, yaitu (1) Perusahaan Telekomunikasi yang membuat dan melaporkan data keuangan yang telah di audit di Bursa Efek Indonesia. (2) Perusahaan Telekomunikasi yang mempunyai indikator-indikator (rasio keuangan dan kebijakan dividen). Proses pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Squares (PLS) yang bertujuan untuk menguji model dan hubungan yang dikembangkan. Hasil yang diperoleh antara lain, (1) Likuiditas (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen (Z), (2) Profitabilitas (X2) berpengaruh signifikan negatif terhadap kebijakan dividen (Z). (3) Solvabilitas (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen (X4), (4) Likuiditas (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (Y). (5) Profitabilitas (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (Y). (6) Solvabilitas (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (Y). (7) Kebijakan dividen (Z) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Riananda & Rahmiyati, Nekky, 2019, Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2016, Jurnal Ekonomi Manajemen 17, Volume IV Nomor 1, Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya.

Published
2019-11-11
Section
Articles