ANALISIS QUALITY CONTROL TERHADAP TINGKAT KERUSAKAN PRODUK PADA PT. VAN GLASS SURABAYA

  • Will Hetharia Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sebuah penerapan sistem pengendalian kualitas produk pada PT. Van Glass Surabaya sudah terkendali atau belum terkendali serta mencari penyebab-penyebab kerusakan produk pada perusahaan tersebut. Penelitian ini mengambil eksemplar dari seluruh proses produksi dari bulan Februari – Maret, baik dari jumlah proses produksi yang berjumlah 2069 eksemplar dan jumlah kerusakan produk yang berjumlah 374 eksemplar. Dalam pelaksanaan dilapangan penelitian ini mengambil data primer yaitu berupa observasi. Adapun data sekunder yang diperoleh, yang didapat dari hasil wawancara dengan staff PT. Van Glass Surabaya yang meliputi profil perusahaan dan data proses produksi dari bulan Februari – Maret 2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Hasil akhir dari penelitian ini adalah gambaran tentang bagaimana perusahaan dapat mengurangi kerusakan produk dengan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakkan check seet, histogram, peta kendali p, dan diagram sebab akibat. Pada hasil temuan Histogram, tingkat kerusakan paling tinggi pada bulan Februari dan Maret adalah bercak masing-masing adalah Februari Februari = 79 eksemplar, dan maret = 79 eksemplar. Tingkat kerusakan kedua adalah baret masing-masing adalah Februari = 43 eksemplar dan Maret = 62 eksemplar . tingkat kerusakan ketiga adalah retak masing-masing adalah Februari = 45 eksemplar  dan maret = 40 eksemplar. dan tingkat kerusakan terkecil adalah terpotong, masing-masing adalah Februari = 12 eksemplar dan maret = 16 eksemplar. Sedangkan total kerusakan produk adalah 374 eksemplar dari total 2069 proses produksi selama bulan Februari – Maret. Pada temuan peta kendali p mendapatkan hasil CL bulan Februari = 0,18 dan bulan Maret = 0,18, UCL bulan Februari = 0,4 dan bulan Maret = 0,39, dan LCL bulan Februari = -0,0037 dianggap 0 dan bulan Maret = -0,02 dianggpa 0. Berdasarkan hasil analisis diagram sebab akibat dapat diketahui bahwa faktor-faktor penyebab kerusakan dalam proses produksi, yaitu berasar dari faktor pekerja, mesin produksi, metode kerja, material/bahan baku dan lingkungan kerja.

Kata kunci : pengendalian kualitas, kerusakan produk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arini, D.W , 2014. Pengendalian Kualitas Statistik. Penerbit ANDI. Yogyakarta

Faiz Al Fakhri. 2010. “analisis pengendalian kualitas produksi di PT.MAScom graphy dalam upaya mengendalikan tingkat kerusakan produk menggunakan alat bantu statistik”. Diakses 13 Juli 2918 pukul 19.99 dari e-library

Gasperz, V. 2005. Total Quality Management. Jakarta : PT.Gramedia pusaka utama.

Heryanto, I. F. 2018. Analisa Fungsi Manajemen Operasional pada PT. Cahaya Baru Abdi Jaya, Jurnal AGORA Vol. 6, No. 2.

Haizer, J. Dan Render, B. 2006. Operation Management. Edisi Terjemahan. Jakarta : Salemba Empat

Indriantoro, N., dan Supomo, B (2014). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akutansi dan Manajemen”. Edisi pertama. BPFE : Yogyakarta

J. Winardi, S. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Makassar: PT. Bumi Askara.

Mulyadi. 2013.Sistem Akuntansi, Edisi Ketiga, Cetakan Keempat, Salemba Empat, Jakarta.

Nastiti, H. 2012. Analisis pengendalian kualitas produk dengan metode statistical quality contol pada PT X Depok. Juranal Ilmu Sosial vol 6. No.3.

Priwati C.I., dan Sakti, R.M. 2012. Pengendalian Kualitas Produk Cacat Dengan Pendekatan Kaizen dan Analisis masalah dengan Seven Tools. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) Periode III ISSN: 1979-911X Yogyakarta, 3 November 2012

Purnomo, E. 2006. PENGARUH QUALITY CONTROL TERHADAP TINGKAT KERUSAKAN PRODUK. Surabaya: Jurnal ilmu Sosial.

Sugiyono, P. D. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Sugijoprianto, Y.F.E. 2014. Peningkatan Kualitas Kantong Plastik dengan Metode Seven Steps menggunakan Old dan New Seven Tools di PT Asia Cakra Ceria Plastik, Surakarta. Jurnal Teknik Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy Dan Diana, Anastasia. 2001.Total Quality Manajemen Edisi Revisi. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Published
2019-12-16
Section
Articles