PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SEPATU CONVERSE (Studi kasus pada mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perkembangan fashion saat ini, salah satunya adalah sepatu Converse. Keputusan konsumen dalam pembelian sepatu tentu bukanlah hal yang begitu saja terjadi, untuk itu ditetapkan tujuan penelitian yaitu untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh secara parsial, simultan dan yang paling dominan dari kualitas produk, persepsi harga, dan citra merek terhadap keputusan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan mengambil sampel sebanyak 100 responden dari mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Hasil penelitian menggunakan uji t diperoleh bahwa pada variabel kualitas produk (X1) besarnya nilai t hitung sebesar -2,453 dengan signifikansi adalah 0,016 < 0,05 ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X1) berpengaruh negatif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepatu Converse pada mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Variabel persepsi harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepatu Converse pada mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Variabel citra merek (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepatu Converse pada mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji F kualitas produk, persepsi harga, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepatu Converse, dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 18,056 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Pada variabel persepsi harga diperoleh nilai signifikansi 0,000, yang artinya memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepatu Converse pada mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Persepsi Harga, Citra Merek, dan Keputusan Pembelian.Downloads
References
Abdullah, Thamrin dan Tantri, Francis. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Azwar, Saiffudin. 2003. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
C.Trihendradi. 2013. Langkah Mudah menguasai SPSS 21. Yogyakarta : ANDI
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang : Badan Penerbit UNDIP
Kotler, Philip dan Keller K. Lane. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Dua Belas Jilid 1 Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller K. Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga Belas Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller K. Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga Belas Jilid 2. Jakarta : Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi dua. Jakarta : Salemba Empat.
Mowen, John dan Minor, Michael. 2002. Customer Behavior. New Jersey : Prentice Hall.
Schiffman, Leon dan Kanuk L. Leslie. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta : PT INDEKS.
Setiaji, Bambang. 2004. Panduan Riset dengan Pendekatan Kuantitatif. Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah, Surakarta.
Sunyoto, Danang. 2012. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : CAPS.
Sugiyono. 2008. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed MethodS). Bandung : Alfabeta.
Sarwono, Jonathan. 2015. Rumus-Rumus Populer dalam SPSS 22 untuk Riset Skripsi. Yogyakarta : ANDI
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta : Andi.
Authors whose manuscript is published will approve the following provisions:
- The right to publication of all journal material published on the JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen website is held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain the property of the author).
- The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license, which means JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen reserves the right to store, modify the format, administer in the database, maintain and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
- Printed and electronically published manuscripts are open access for educational, research, and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.