PENGARUH PRODUCT, PEOPLE, DAN PROCESS TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA EKSPEDISI CV. HITAM OREN EXPRESS (HOE) DI SURABAYA

  • Revi Meilani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ida Ayu Nuh Kartini Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Manajemen pemasaran merupakan seni dan ilmu untuk memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh produk, people, dan proses terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa ekspedisi CV. Hitam Oren Ekspress. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Convenience sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 115 orang yang telah menggunakan jasa ekspedisi CV. HOE. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil pengujian dengan SPSS secara parsial diperoleh untuk X1 variabel product diperoleh t hitung sebesar 9,720 dengan tingkat signifikan 0,025. Nilai t hitung positif, hal ini berarti produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Untuk X2 variabel people diperoleh t hitung 13,780 dengan signifikansi 0,025. Hal ini berarti people berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dan untuk variabel X3 process diperoleh t hitung = 2,155 dengan signifikansi 0,025. Hal ini berarti proses berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian secara simultan menggunakan uji F diperoleh hasil ha diterima dengan hasil perhitungan statistik menunjukkan sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti secara bersama-sama variabel produk, people, dan proses mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian jasa CV. Hitam Oren Express (HOE). Hasil uji secara parsial (uji t) maupun secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, disarankan untuk jasa pengiriman barang HOE Express Hendaknya meningkatkan Kepuasan konsumen lebih menitik beratkan pada kualitas pelayanan, dilihat dari kuesioner.

Kata Kunci : Product, People, Process, Keputusan Pembelian Konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Andayani, Wiwik. 2010. Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen. Wacana. Vol I, No (1): 29 – 43.

Buchari, Alma. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Carolina, Etty. 2014. Pengaruh Marketing Mix 7P dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Healthy Food Bar di Malang.

Danang, Sunyoto. 2015. Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta : CAPS.

Dharmmesta, Basu Swastha & T. Hani Handoko. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta : BPPFE.

Edwin Japarianto, Ryan Nugroho. 2013. Pengaruh People, Physical Evidence, Product, Promotion, Price dan Place Terhadap Tingkat Kunjungan Di Kafe coffea cozies Surabaya. https://media.neliti.com/media/publications/134687-ID-pengaruh-people-physical-evidence-produc.pdf

Garvin, David. 2016. Karakteristik Produk . Yogyakarta : Skripsi.

Fransisca Andriani, Priska Devina. 2009. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Di Susan Spa & Resort Bandungan. https://media.neliti.com/media/publications/85249-ID-pengaruh-marketing-mix-terhadap-keputusa.pdf

Fandy Tjiptono, Ph.D. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ghozali, 2011. Pengertian Teknik Pengujian Hipotesis dan Analisis Data dalam Penelitian. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Karwur, Ericha. 2016. Pengaruh Retail Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Di Indomaret Paniki. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/viewFile/13187/12773

Kotler, & Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta : Erlangga.

Ligia, Agnes. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Bentenan Center Sonder M. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/5969

Levy, Weltz. 2010. Pengertian Perilaku Konsumen dan Proses Keputusan Konsumen. Jakarta : Erlangga.

Lovelock. 2011. People dan Pengertian People. Jakarta : Pustaka.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Maria Goreti J. Sepang. 2014. Analisis Produk, Harga, Promosi, dan Tempat Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di Kota Manado. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/5627

Nana. 2015. Pengertian Produk dan Kualitas Produk. Jakarta : Erlangga.

Pratama, Alif Putra. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Kawasaki.

Ratminto & Winarsih, Atik. 2012. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Riduwan dan Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung : Alfabeta.

Sumanto, Radix A. Hendri Sukotjo. 2010. Analisa Marketing Mix-7P (Product, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Klinik Teta Surabaya.

Setiawan, Wilson. 2014. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Avanza Tipe G di Surabaya. https://media.neliti.com/media/publications/131896-ID-pengaruh-marketing-mix-terhadap-keputusa.pdf

Sofiati, Nunung. 2014. Pengaruh People, Process, dan Physical Evidence Terhadap Tingkat Keputusan Menjadi Nasabah BNI Taplus Pada BNI Cabang Dago Bandung. https://jurnal.inaba.ac.id/index.php/JIM/article/view/21

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Sugiyono. 2018. Pengertian tentang Metodologi Penelitian dan Keseluruhan dari Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sutisna, Sunyoto. 2013. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Jakarta : PT. Remaja Rosdakarya.

Hurriyati. 2015. Proses dan Pengertian Proses. Jakarta : Erlangga.

Published
2020-05-30
Section
Articles