PERANAN SUBJECTIVE WELL-BEING KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN KELUARGA DI INDONESIA

  • Tan Evan Tandiyono Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Artikel ini adalah berasal dari penelitian yang dilakukan untuk memahami peranan Subjective Well-Being karyawan terhadap Kinerja Karyawan perusahaan keluarga di Indonesia. Objek penelitian ini dirasa penting, karena di Indonesia sendiri, masih terdapat banyak perusahaan yang didirikan adalah bersifat kekeluargaan. Namun seringkali masalah mulai timbul pada perusahaan keluarga dan seringkali cenderung tidak dapat menghasilkan profesionalisme karyawan dalam bekerja. Perusahaan keluarga juga cenderung kesulitan memperhatikan Subjective Well-Being karyawan mereka. Begitu mendesaknya kebutuhan akan peningkatan Kinerja Karyawan oleh perusahaan, membuat perusahaan harus mulai untuk menelusuri seberapa pentingkahkah Subjective Well-Being karyawan di dalam pekerjaan dan bagaimanakah peranannya terhadap peningkatan Kinerja Karyawan secara keseluruhan. Penelitian ini melakukan pengambilan data dengan menggunakan kuisioner pada sebuah perusahaan keluarga yang sudah memiliki tradisi dan sejarah panjang lebih dari 30 tahun dan telah berpindah tangan kepemimpinan sebanyak 3 generasi. Sampel diambil dari karyawan yang berjumlah 109 orang (dan tidak termasuk staff) yang memiliki pengalaman kerja kurang lebih 1 – 30 tahun selama berdirinya perusahaan tersebut. Selain itu, penelitian ini bersifat kuantitatif dan data yang diperoleh akan diolah dengan uji statistik dengan menggunakan SPSS untuk ditemukannya Peranan Subjective Well-Being Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan. Data yang diperoleh akan melalui tahap uji asumsi klasik dan uji hipotesis.

Kata Kunci : Subjective Well-Being Karyawan, Kinerja Karyawan, Perusahaan Keluarga, Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achor, S. (2010). The Happiness Advantage: The Seven Principles of Positive Psychology That Fuel Success and Performance at Work (1st Edition ed.). New York: Crown Business.

Chekola, M. G. (1975). The concept of happiness. Michigan: Dissertation Abstract International .

Aguinis, H. (2013). Performance Management (3rd ed.). (S. Yagan, Ed.) New Jersey, One Lake Street, Upper Saddle River: Pearson Education, Inc.

Williams, R. S. (1998). Performance Management : Perspectives on Employee Performance (1st Edition ed.). Melbourne: International Thomson Business Press.

Frijda, N. H. (1999). Emotions and hedonic experience. In D. Kahneman, E. Diener, & N. Schwarz, Well-being: The foundations of hedonic psychology (pp. 190-212). New York: Russell Sage Foundation.

Diener, E. (2009). Social Indicator Research Series. (A. C. Michalos, Ed.) American Psychological Association , XXXVII, 3-17.

Diener, E. (1984). Subjective Well-Being. Psychologi Bulletin , XCV (3), 542-575.

Headey, B., & Wearing, A. (1992). Understanding Happiness: A Theory of Subjective Well-Being. (M. Ingrassia, Ed.) Melbourne: Longman Cheshire Pty Ltd.

Cascio, W. F. (2013). Managing Human Resource, Productivity, Quality of Work Life, Profits. New York. Me Grand-Hill International Edition Inc.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Handoko, T Hani. 2000. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-14. Yogyakarta : BPFE.

Armstrong, M. 1995. A handbook of personnel Management Practices. Kogan Page Limited London.

Ahuja, K. 2006. Personnel management. 3rd Ed. New Delhi. India. Kalyani publishers.

Afshan, S., Sobia, I., Kamran, A. & Nasir, M. 2012. Impact of training on employee performance: a study of telecommunication sector in Pakistan. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business 4, 6.

Bakker, A. B., & Oerlemans, W. G. (2010, June 9). Subjective Well-Being in Organizations. Handbook of Positive Organizational Scholarship , 31.

Man, M., & Ticu, C. (2015). Subjective Well-Being And Professional Performance. REVISTA ACADEMIEI FORTELOR TERESTRE NR. , II (78), 211-216.

Published
2020-05-30
Section
Articles