PENGARUH PERSEPSI HARGA, CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH JASA GOJEK DI KECAMATAN TAMAN KABUPATEN SIDOARJO

  • Muhammad Zukhruful Muttaqin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ida Ayu Nuh Kartini Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Persepsi Harga, Citra Merek, Promosi, Keputusan Konsumen

Abstract

In the competition to obtain consumer purchasing decisions, several factors that can be considered are price perception, brand image and promotion. The purpose of this research is in accordance with what is stated in the formulation of the problem, namely to determine the role of Price Perception, Brand Image and Promotion in influencing Consumer Decisions in choosing Gojek as online transportation. The study was conducted in Taman District, Sidoarjo Regency. Sampling was done by distributing online questionnaires of 100 respondents. This research uses quantitative research. The analysis technique used is multiple linear regression analysis techniques to test hypotheses. The results in this study indicate that Price Perception does not have a significant effect on Purchasing Decisions with a value of t arithmetic 0.547 smaller than t table (1.98498), while Brand Image (t arithmetic = 2.577) and Promotion (t arithmetic = 5.129) have significant influence on Purchasing Decisions. However, Price Perception, Brand Image and Promotion simultaneously influence the Purchasing Decision with the acquisition of a significance value of 0.00.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achidah, Nur.Warso, M Mukery, & Hasiloan, Leonardo Budi. 2016. Jurnal: “Pengaruh Promosi, Harga dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio GT (Study Empiris Pada Produk Yamaha Mio GT Di Weleri-Kendal)”. Fakultas Ilmu Ekonomika dan Bisnis Universitas Pandanaran Semarang. Journal Of Management, Volume 2 No. 2 Maret 2016.

Asnawi, Nur dan Masyhuri. 2011. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. UIN-Maliki Press. Malang.

Cannon, j p., Perreault, Jr.William D., McCharty, Ejerome. 2008. Pemasaran Dasar : Pendekatan Manajerial Global, Edisi keenam belas, Salemba Empat, Jakarta.

Chandra, Gregorius . 2002. Strategi Dan Program Pemasaran, edisi 1. Yogyakarta.

Christopher, H Luvelock, dan Lauren K, Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa. Alih Bahasa Agus Widyanto. Cetakan kedua. PT. Indeks, Jakarta.

Dharmesta, B. Swasta dan Handoko, T. Hani. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Dianti, Siti. 2018. “Pengaruh Harga, Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Angkutan Gojek Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial UIN Syarief Hidayatullah Jakarta”. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Fatlahah, Aniek. 2013. Jurnal: “Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Es Krim WALL’S MAGNUM” Universitas Negeri Surabaya, Jurnal Ilmu Manajemen Volume 1 Nomor 2 Maret 2013.

Franedya, Roy. 2019. “Siapa Penguasa Sejati Pasar Ojol RI, Grab atau Gojek?”. Dalam CNBC Indonesia, 27 Desember 2019. Jakarta.

Ginanjar, Dhimas. 2019. “Menakar PlusMinus Regulasi Anyar Tarif Ojek Online”. Dalam Jawa Pos, 13 Mei 2019. Jakarta

Hafiz, Irham. 2018. “Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih GRAB BIKE di Kota Malang”. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang.

Hamdani, Lalu A. 2019. “Gojek Rebranding dan Kalahkan Grab Soal Pengguna Aktif Bulanan”. Dalam Tek.id, 23 Juli 2019.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi kedelapan. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran.Edisi Milenium. Prenhallindo. Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemsaran Jasa Teori dan Praktik. Salemba Empat. Jakarta.

Malhotra, Naresh. 2009. Riset Pemasaran. Indeks. Jakarta.

Monroe, Kent. 2003. Pricing. McGraw-Hill. New York

Peter, J. Paul dan Olson, Jerry C. 2010. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Sembilan. Salemba Empat. Jakarta.

Pradana, Fandy R. 2018. “Pengaruh Promosi, Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia Pada Asco Daihatsu Di Kabupaten Jember” Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Surabaya.

Rangkuti, Freddy. 2009. Riset Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Redaksi. 2019. “Gojek Vs Grab, Mana Yang Paling Banyak Dipakai Pengguna ?”. Dalam Gadgetsquad , 31 Januari 2019. Jakarta.

Schiffman dan Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Prentice Hall. New Jersey.

Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Prentice Hall. New Jersey.

Solomon, Michael. 2007. Perilaku Konsumen.Edisi Ketiga. Prentice Hall. New Jersey.

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Cetakan ke-15, Alfabet. Bandung.

Sujarweni, Wiratna dan Endaryanto, Poly. 2018. Statistika Untuk Penelitian. Graha Ilmu. Yogyakarta

Sunyoto, Danang. 2013. Perilaku Konsumen & Pemasaran. Caps. Yogyakarta.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Rosdakarya. Bandung

Swasta, Basu dan Handoko, Hani. 2000. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Tjiptono,F dan Chandra, G. 2007. Pemasaran Jasa. Bayu Media Publishing. Jawa Timur

Published
2020-11-30
Section
Articles