PENGARUH STRATEGI PEMASARAN, LAYANAN E-BANKING DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BRI CABANG RAJAWALI SURABAYA

  • ratnaningsih S.Y
  • Alifiana Ahmad Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Strategi Pemasaran, Layanan E-Banking, Loyalitas Konsumen, Kepuasan Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran, layanan e-banking dan loyalitas konsumen terhadap kepuasan nasabah Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan mengolah data primer dengan metode pengambilan data melalui kuisoner yang diberikan kepada nasabah BRI Syariah KC Rajawali Surabaya. Sampel diperoleh sebanyak 100 responden dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alat analisis pada penelitian ini menggunakan bantuan IBM SPPS Versi 21 . Metode analisis digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Berdasarkan analisis penelitian, maka dapat disimpulkan (1) pengaruh strategi pemasaran terhadap kepuasan nasabah, berpengaruh positif (2) pengaruh layanan e-banking terhadap kepuasan nasabah, berpengaruh positif dan signifikan diterima (3) loyalitas nasabah berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, berpengaaruh positif dan signifikan diterima

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assael, Henry. 2010. Perilaku Konsumen, Jakarta: Binapura Aksara.

Clarke, Steve.2009.E-Banking Management: Issue, Sollution and Strategies, Terjemahan Oleh Mahmood Shah.Jakarta: Gramedia Pustaka.

Griffin, Jill. 2006.Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan.Jakarta: Erlangga.

Hasan, Iqbal.2006.Analisis Data Penelitian dengan Statistik.Jakarta: Bumi Aksara.

Herington and Weaven. 2007.Can Banks Improve Customer Relationships with High Quality Online Services?.Managing Service Quality.Vol. 17No. 4:404-427.

Hurriyati, Ratih. 2010.Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen.Bandung: Alfabeta.

Kasmir. 2008.Pemasaran Bank.Jakarta: Kencana.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller.2009.Manajemen Pemasaran. Jilid Ketiga Belas. Edisi Satu.Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat, dan A. Hamdani. 2006.Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua.Jakarta: Salemba Empat.

Mardalis, Ahmad. 2007.Meraih Loyalitas Pelanggan.Jakarta: Balai Pustaka.

Mowen, John C., dan Minor M. 2007.Perilaku Konsumen.Jakarta: Erlangga.

Pinontoan, Wulan. 2012. Pengaruh E-Banking, Kualitas Pelayanan, Kualitas Komunikasi, dan Kepercayaan terhadap Loyaitas Nasabah pada PT. Bank Mandiri Cabang Manado.Jurnal Riset Ekonomi,Manajemen, Bisnis dan Akuntasi.Vol.1No.4: 192-201.

Pongoh, Melysa Elisabeth. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu As Telkomsel di Kota Manado.Jurnal Riset Ekonomi,Manajemen, Bisnis dan Akuntasi.Vol.1 No.4: 86-94.

Rangkuti, Freddy.2007.Riset Pemasaran.Jakarta: Gramedia Pustaka

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Supangat,Andi. 2006.Statistika untuk Ekonomi dan Bisnis.Bandung: Pustaka.

Swastha, Basu dan T. Hani Handoko. 2011.Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen.Yogyakarta: BPFE.

Tampubolon, Nelson. 2009.Surat Edaran: Penerapan Manajemen Risiko pada Aktivitas Pelayanan Jasa Bank Melalui Internet (Internet Banking). Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, Fandy.2006.Pemasaran Jasa. Yogyakarta:

Andi.. 2007.Strategi Pemasaran. Edisi Kedua.Yogyakarta: Penerbit

Andi.Umar, Husein. 2008.Metode Riset Bisnis.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Undang-undang Republik IndonesiaNomor 10.1998.Tentang Perbankan.

Published
2021-05-30
Section
Articles