PENGARUH STRATEGI PEMASARAN, LAYANAN E-BANKING DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BRI CABANG RAJAWALI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran, layanan e-banking dan loyalitas konsumen terhadap kepuasan nasabah Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan mengolah data primer dengan metode pengambilan data melalui kuisoner yang diberikan kepada nasabah BRI Syariah KC Rajawali Surabaya. Sampel diperoleh sebanyak 100 responden dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alat analisis pada penelitian ini menggunakan bantuan IBM SPPS Versi 21 . Metode analisis digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Berdasarkan analisis penelitian, maka dapat disimpulkan (1) pengaruh strategi pemasaran terhadap kepuasan nasabah, berpengaruh positif (2) pengaruh layanan e-banking terhadap kepuasan nasabah, berpengaruh positif dan signifikan diterima (3) loyalitas nasabah berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, berpengaaruh positif dan signifikan diterimaDownloads
References
Assael, Henry. 2010. Perilaku Konsumen, Jakarta: Binapura Aksara.
Clarke, Steve.2009.E-Banking Management: Issue, Sollution and Strategies, Terjemahan Oleh Mahmood Shah.Jakarta: Gramedia Pustaka.
Griffin, Jill. 2006.Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan.Jakarta: Erlangga.
Hasan, Iqbal.2006.Analisis Data Penelitian dengan Statistik.Jakarta: Bumi Aksara.
Herington and Weaven. 2007.Can Banks Improve Customer Relationships with High Quality Online Services?.Managing Service Quality.Vol. 17No. 4:404-427.
Hurriyati, Ratih. 2010.Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen.Bandung: Alfabeta.
Kasmir. 2008.Pemasaran Bank.Jakarta: Kencana.
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller.2009.Manajemen Pemasaran. Jilid Ketiga Belas. Edisi Satu.Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat, dan A. Hamdani. 2006.Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua.Jakarta: Salemba Empat.
Mardalis, Ahmad. 2007.Meraih Loyalitas Pelanggan.Jakarta: Balai Pustaka.
Mowen, John C., dan Minor M. 2007.Perilaku Konsumen.Jakarta: Erlangga.
Pinontoan, Wulan. 2012. Pengaruh E-Banking, Kualitas Pelayanan, Kualitas Komunikasi, dan Kepercayaan terhadap Loyaitas Nasabah pada PT. Bank Mandiri Cabang Manado.Jurnal Riset Ekonomi,Manajemen, Bisnis dan Akuntasi.Vol.1No.4: 192-201.
Pongoh, Melysa Elisabeth. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu As Telkomsel di Kota Manado.Jurnal Riset Ekonomi,Manajemen, Bisnis dan Akuntasi.Vol.1 No.4: 86-94.
Rangkuti, Freddy.2007.Riset Pemasaran.Jakarta: Gramedia Pustaka
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Supangat,Andi. 2006.Statistika untuk Ekonomi dan Bisnis.Bandung: Pustaka.
Swastha, Basu dan T. Hani Handoko. 2011.Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen.Yogyakarta: BPFE.
Tampubolon, Nelson. 2009.Surat Edaran: Penerapan Manajemen Risiko pada Aktivitas Pelayanan Jasa Bank Melalui Internet (Internet Banking). Jakarta: Erlangga.
Tjiptono, Fandy.2006.Pemasaran Jasa. Yogyakarta:
Andi.. 2007.Strategi Pemasaran. Edisi Kedua.Yogyakarta: Penerbit
Andi.Umar, Husein. 2008.Metode Riset Bisnis.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Undang-undang Republik IndonesiaNomor 10.1998.Tentang Perbankan.
Authors whose manuscript is published will approve the following provisions:
- The right to publication of all journal material published on the JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen website is held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain the property of the author).
- The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license, which means JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen reserves the right to store, modify the format, administer in the database, maintain and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
- Printed and electronically published manuscripts are open access for educational, research, and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.