PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KAMPUNG BINAAN MITRA ASTRA (Studi Eksplanasi Tentang Pemberdayaan Melalui Kampung Binaan Mitra Astra RT 3 dan RT 4 RW 8 Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya)

  • Aswin Febrianto
  • Bambang Kusbandrijo

Abstract

CSR (Corporate Social Responsibility) merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh perusahaan sesuai dengan isi pasal 74 Undang- Undang Perseroan Terbatas (UUPT) yang terbaru, yakni UU Nomer 40 Tahun 2007, melalui undang-undang ini, industri atau koprasi-koprasi wajib untuk melaksanakannya.. Meningkatnya tingkat kepedulian kualitas kehidupan, harmonisasi sosial dan lingkungan ini juga mempengaruhi aktivitas dunia bisnis, maka, lahirlah gugatan terhadap peran perusahaan agar mempunyai tanggungjawab sosial. Disinilah salah satu manfaat yang dapat dipetik perusahaan dari kegiatan CSR. Dalam konteks inilah aktifitas Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi menu wajib bagi perusahaan, di luar kewajiban yang digariskan undang-undang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan CSR yang sesuai dengan visi korporasi dan amanat pasal 74 Undang-undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan untuk mengetahui apa saja kendala-kendala yang dihadapi oleh perusahaan dalam implementasinya. Berdasarkan hasil analisa, diperoleh kesimpulan bahwa dalam mengimplementasikan tanggung jawab sosialnya, Group Astra melakukan kegiatan-kegiatan Pemberdayaan Masyarakat yaitu Pemberian bibit produktif dan perbaikan lingkungan, Program Pembuatan Rumah Hijau atau Rumah Kompos, Program Pembuatan Rumah Pintar, Program Pemberian Air Bersih. Sedangkan kendala yang ditemui adalah Proses Pemberian Air Bersih yang belum bisa maksimal dikarenakan tidak memungkinkan di pasang pipa PDAM.

Kata Kunci : Implementasi CSR (Corporate Social Responsibility), dan Dampak CSR  Corporate Sociao Responsibility)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astra International Rintis Kampung Binaan, Kabar bisnis ( Surabaya ), 04 April 2014.

Dwidjowijoto, Riant Nugroho dan Randy R. Wrigatnolo (2007), Manajemen Pemberdayaan ; Sebuah Pengantar dan Panduan Untuk Pemberdayaan Masyarakat, Jakarta ; PT Elex Media Komputindo.

Harry Hikmat. 2010, Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung : Perpustakaan Nasional.

Khairuddin. 2000. Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta : Liberty.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.

Sutirin, “ Implementasi Kebijakan Pendataan Rumah Tangga Miskin dan Distribusi KKB Oleh Badan Pusat Statistik “. Seminar Proposal, Universitas Diponegoro Semarang, 2006.

Winarno, Budi. 2007 . Kebijakan Publik : Teori dan Proses. Yogyakarta: Media Pressindo.

Published
2015-05-21
How to Cite
Febrianto, A., & Kusbandrijo, B. (2015). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KAMPUNG BINAAN MITRA ASTRA (Studi Eksplanasi Tentang Pemberdayaan Melalui Kampung Binaan Mitra Astra RT 3 dan RT 4 RW 8 Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya). JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 1(01). https://doi.org/10.30996/jpap.v1i01.389
Section
Articles