PENGARUH KUALITAS WEBSITE DALAM LAYANAN E-KIOS TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KELURAHAN NGINDEN JANGKUNGAN SURABAYA

  • Putu Ayu Ramadhani

Abstract

Dalam era teknologi informasi saat ini, menuntut adanya pelayanan publik yang efektif dan efisien seiring dengan beragamnya kebutuhan dan keinginan setiap orang. Adanya layanan publik e-Kios merupakan salah satu tanda perkembangan teknologi informasi dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas pelayanan. Dengan demikian penulis mengambil judul Pengaruh Kualitas Website Dalam Layanan e-Kios Terhadap Kepuasan Masyarakat (Kelurahan Nginden Jangkungan Surabaya) karena masih adanya keluhan masyarakat atas gangguan mesin e-Kios yang terkadang tidak berfungsi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari dimensi kualitas website yaitu usability (X1), information quality (X2), dan service interaction quality (X3) dengan kepuasan masyarakat (Y) serta manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif dari 100 responden yang dilakukan dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling di Kelurahan Nginden Jangkungan Surabaya dan teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, ketiga dimensi kualitas website berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Secara parsial, usability dan information quality mempunyai pengaruh terhadap kepuasan masyarakat, sedangkan service interaction quality tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan masyarakat dan dari ketiga dimensi kualitas website tersebut, information quality paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat.

Kata Kunci : Kualitas Website, Usability, Information Quality, Service Interaction Quality dan Kepuasan Masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

_____. (1020, Mei 24). Download Tabel r Lengkap. Retrieved April 2, 2016, from WordPress: hhtps://junaidichaniago.wordpress.com/2010/05/24/download-tabel-r-lengkap/

_____. (2010, Mei 17). Cara Membaca Tabel t. Retrieved April 2, 2016, from WordPress: https://junaidichaniago.wordpress.com/2010/05/17/cara-membaca-tabel-t/

________. (2015, Nopember 22). Situs web. Retrieved Maret 1, 2016, from Wikipedia bahasa Indonesia: https://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web

Amir, F. (2015). Pengaruh Store Atmosphere dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cosmic Clothing Store. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen , 1-18.

Barnes, S., & Vidgen, R. (2002). An Integrative Approach to The Assessment of E-Commerce Quality. Journal of Electronic Commerce Research , 114-127.

Danuarta, A. (2013, Januari 30). Mudah Menyusun Proposal Part 3. Retrieved Maret 26, 2016, from Blogspot: http://adaddanuarta.blogspot.co.id/2013_01_01_archive.html?m=1

Fardhani, H. (2010). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Semarang. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Guspul, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus pada Nasabah Kospin Jasa Cabang Wonosobo). Jurnal PPKM UNSIQ I , 40-54.

Hardiyati, R. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Villa) Agrowisata Kebun Teh Pagilaran. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Herisman. (2012, Mei 1). Apa Itu Validitas dan Realibilitas ? Retrieved Maret 1, 2016, from Blogspot: http://herisman.blogspot.co.id/2012/05/apa-itu-validitas-dan-realibilitas.html

Junaidi. (2010, Mei 18). Cara Membaca Tabel F. Retrieved April 2, 2016, from WordPress: https://junaidichaniago.wordpress.com/2010/05/18/cara-membaca-tabel-f/

Kotler, P., & Armstrong, G. (1998). Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 2 (Edisi bahasa Indonesia). (B. Molan, Ed., & A. Sindoro, Trans.) Jakarta: Prenhallindo.

Kurniawan, H. (2013, Juli 7). Interpretasi Analisa Koefisien Korelasi (R) dan Koefisien Determinasi (R2). Retrieved April 2, 2016, from Blogspot: http://kurniateam.blogspot.co.id/2013/07/interpretasi-analisa-koefisien-korelasi_7.html?m=1

Martini, R. (2012). Birokrasi dan Politik. Semarang: UPT UNDIP Press Semarang. Nazir, M. (2003). Metode Penelitian (Cetakan Kelima). Jakarta:Ghalia Indonesia.

Pengertian Pakar. (2015, Mei). Pengertian Birokrasi. Retrieved Juli 20, 2016, from Pengertian Pakar: http://www.pengertianpakar.com/2015/05/pengertian-birokrasi.html

Putro, S. W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran , 1-9.

Raharjo, S. (2014, Februari 3). Uji Heteroskedastisitas dengan Uji Glejser Program SPSS. Retrieved April 2, 2016, from Konsistensi: http://www.konsistensi.com/2013/08/uji-heteroskedastisitas-dengan-uji.html

Sandy, T. (2009, Juli 17). Pengujian Hipotesis Distribusi Uji T dan F Pada Model Regresi Berganda. Retrieved Maret 26, 2016, from WordPress: https://titaviolet.wordpress.com/2009/07/17/pengujian-hipotesis-distribusi-uji-t-dan-f-pada-model-regresi-berganda/

Ulwan, M. N. (2014, Mei 8). Analisis Regresi Linier Berganda Dengan SPSS Metode Enter VS Stepwise. Retrieved April 2, 2016, from Portal Statistik: http://www.portal-statistik.com/2014/05/analisis-regresi-linear-berganda-dengan.html

Wahyu, D. (2015, Januari 26). Melihat E-Kios Mesin Layanan Publik Berbasis Teknologi Informasi. Retrieved Maret 1, 2016, from Jawa Pos: http://www2.jawapos.com/baca/artikel/11963/melihat-e-kios-mesin-layanan-publik-berbasis-teknologi-informasi

Wikipedia. (2016, April 3). Birokrasi. Retrieved Juli 20, 2016, from Wikipedia bahasa Indonesia: https://id.wikipedia.org/wiki/Birokrasi

Published
2016-10-09
How to Cite
Ramadhani, P. A. (2016). PENGARUH KUALITAS WEBSITE DALAM LAYANAN E-KIOS TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KELURAHAN NGINDEN JANGKUNGAN SURABAYA. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(02). https://doi.org/10.30996/jpap.v2i02.995
Section
Articles