THE STRUCTURES OF DENOMINALIZATION IN SCIENTIFIC ENGLISH

  • Susie Chrismalia Garnida

Abstract

Abstrak: Nominalisasi didefinisikan sebagai makna yang sesuai dipakai dalam berbagai situasi (congruent  meaning) dan yang diwujudkan oleh satu tipe pola bahasa yang diubah dengan menggunakan  pilihan linguistik lain yang tidak sesuai dengan situasi sebenarnya (incongruent meaning) (Eggins, 1994: 63). Jadi pada dasarnya nominalisasi adalah perubahan kata kerja, ajektiva, dan kata sambung menjadi kata benda, sehingga nominalisasi ini mempunyai bentuk kelompok nomina dengan kata benda sebagai kata inti yang didahului premodifier dan diikuti postmodifier. Untuk pemahaman artikel ilmiah, pembelajar bahasa Inggris perlu mempunyai pengetahuan untuk membuat denominalisasi, yaitu mengubah bentuk frasa (nominalisasi) menjadi bentuk susunan klausa. Selanjutnya mengurai kalimat yang mengandung nominalisasi atau paraklausa menjadi beberapa kalimat. Hal ini untuk mengetahui informasi yang sebenarnya yang berasal dari kalimat-kalimat tersebut.

 

Kata kunci: nominalisasi, bahasa Inggris ilmiah, denominalisasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bucholtz and Hall. 2005. http. encyclopedia.thefree dictionary. com/ Socio cultural +linguistics

Chaika, Elaine. 1982. Language The social Mirror. Massachusetts: Newbury House Publishers.

Fishman, A.Joshua. 1972. Sociolinguistics. Massachusetts: Newbury House Publishers.

Kauhanen. Irina. “Norms and Sociolinguistic Descriptionâ€. http: // www. Ling. Helsinki.fi/sky/julkaisut/sky 2006_1/1 Fk 60.1.4.KAUHANEN.pdf.

O’Neil, Dennis. 2006. “Language and Culture. An Introduction to Human Communication (Tutorial)â€. http://en. Wikipedia.org/wiki/Sociolinguistics.

Sihombing, T.M. 1989. Jambar Hata. CV. Tulus Jaya.

Wardhaugh, Ronald. 1988. An Introduction to Sociolinguistics. Oxford: Basil Blackwell.

"http//en.wikipedia.org/wiki/Stylistics_(linguistics)").

Published
2009-02-01
How to Cite
1.
Garnida S. THE STRUCTURES OF DENOMINALIZATION IN SCIENTIFIC ENGLISH. parafrase [Internet]. 1Feb.2009 [cited 17May2024];9(01). Available from: https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/parafrase/article/view/52
Section
Articles