Tingkat stres saat menyusun skripsi: Bagaimana peran motivasi belajar dan dukungan sosialnya?

Tingkat stres saat menyusun skripsi: bagaimana peran motivasi belajar dan dukungan sosialnya?

  • Rosalia Juwita Putri Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • IGAA Noviekayati Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Amherstia Pasca Rina Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Motivasi Belajar, Dukungan Sosial, Stres

Abstract

Mahasiswa adalah individu yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Saat menempuh pendidikan di akhir perguruan tinggi mahasiswa memiliki tanggung jawab yang harus dipenuhi, salah satunya adalah skripsi. Pada penyusunan skripsi seringkali mahasiswa mengalami kesulitan-kesulitan dalam prosesnya. Kesulitan yang dialami oleh mahasiswa akhir jika mengalami hambatan terus menerus akan membuatnya menjadi stress. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan dukungan sosial dengan tingkat stres mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik kolerasi analisis regresi berganda. Penelitian ini menggunakan sampel 132 Mahasiswa Psikologi Universitas 17 Agustus 1945. Hasil penelitian menunjukkan 1) Adanya hubungan motivasi belajar dan dukungan sosial dengan tingkat stress mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. 2) Adanya Hubungan yang negatif antara motivasi belajar dengan tingkat stress mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. 3) Tidak adanya hubungan dukungan sosial dengan tingkat stres mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Artinya semakin tinggi motivasi belajar dan dukungan sosial maka semakin rendah tingkat stress mahasiswa yang sedang menyusun skripsi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Efendy, M., Murwani, D., Hitipeuw, I., & Rahmawati, H. (2021). MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DI SEKOLAH, BAGAIMANA PERAN RELASI GURU DAN SISWA?. Jurnal Psikologi Konseling Vol, 19(2).

Goliszek, A. (2005). 60 second manajemen stres : cara tercepat untuk rileks dan menghilangkan rasa cemas (Ed. 1). Jakarta : Bhuana Ilmu Populer.

Hianto dan Theresia Indira Shanti Magister Profesi Pendidikan, S., & Psikologi UNIKA Atma Jaya, F. (2018). Dinamika Stres, Strategi Coping, dan Dukungan Sosial yang Diharapkan Mahasiswa Skripsi di Universitas XYZ. In Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan (Vol. 11).

Kamsyach Kompri, A. (2016). Motivasi pembelajaran. Bandung : Remaha Rosdakarya, 2016.

Mujib Daawi, M., & Isna Nisa, W. (2021). Pengaruh dukungan sosial terhadap tingkat stres dalam penyusunan tugas akhir skripsi. Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi, 1(1), 67–75. https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v1i1.556

Nuraini dkk. (2022). Hubungan antara dukungan keluarga dengan motivasi belajar siswa smp tunas dharma karawang pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang.

Polina, A., & Siang, J. (2009). Cara cepat menyusun skripsi. Yogyakarta .

Putri, & Wulandari. (2023). Peran persepsi dukungan sosial terhadap tingkat stress akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Jurnal Syntax Fusion, 3(11), 1167–1175. https://doi.org/10.54543/fusion.v3i11.374

Rizki Rahmawan, F. (2021). Hubungan adversity quotient dan dukungan sosial teman sebaya dengan tingkat stres mahasiswa yang menyelesaikan skripsi.

Santoso, M. D. Y. (2020). Review article: dukungan sosial dalam situasi pandemi covid-19. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 5(1), 11–26. https://doi.org/10.32630/sukowati.v5i1.184

Santrock. (2011). Educational psychology 5th.

Sarafino & Smith. (2011). Health psychology 7ed.

Saputri, K. A., & Sugiharto, D. (2020). Hubungan antara self efficacy dan social support dengan tingkat stres pada mahasiswa akhir penyusun skripsi di fip unnes tahun 2019. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 4(1). https://doi.org/10.21043/konseling.v3i2.6010.

Seto, S. B., Wondo, M. T. S., & Mei, M. F. (2020). Hubungan motivasi terhadap tingkat stress mahasiswa dalam menulis tugas akhir (skripsi). Jurnal Basicedu, 4(3), 733–739. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.431

Suhandiah, S., Ayuningtyas, A., & Sudarmaningtyas, P. (2021). Tugas Akhir dan Faktor Stres Mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 5(1), 65. https://doi.org/10.36339/jaspt.v5i1.424

Taylor, S. E. (2009). Health psychology.

Published
2024-01-27