Prokrastinasi akademik pada mahasiswa aktif berorganisasi: Bagaimana peran stres akademik dan manajemen waktu?
Abstract
Prokrastinasi akademik akan memberikan dampak buruk bagi individu yang melakukanya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara stress akademik dan manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa aktif berorganisasi. Metode penelitian menggunakan kuantitatif korelasional dengan jumlah responden sebanyak 350 mahasiswa aktif berorganisasi di Surabaya dengan teknik accidental sampling. Skala penelitian menggunakan skala Tuckman Procrastination Scale (TPS) yang diadaptasi oleh Suhadiato dkk, (2024) dengan nilai CR TPS = 0,915. Selanjutnya pada skala stress akademik yang di kembangkan sendiri oleh peneliti dengan nilai cronbach alpha 0,968. Lalu pada skala manajemen waktu dengan skala yang di kembangkan sendiri oleh peneliti dengan nilai cronbach alpha 0,925 yang menunjukkan kualitas psikometri yang baik. Hasil penelitian melalui uji Linier Berganda menunjukkan secara simultan ada hubungan positif yang signifikan antara stress akademik dan manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik. Hasil uji parsial menujukkan ada hubungan positif yang signifikan antara stress akademik dengan prokrastinasi akademik dan juga menunjukkan ada hubungan negatif yang tidak signifikan antara manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik, maka manajemen waktu tidak dapat menjadi prediktor terhadap prokrastinasi akademik. akan tetapi jika stress akademik tinggi maka tindakan prokrastinasia akademik seseorang akan tinggi, begitu pun sebaliknya.
Kata kunci: Mahasiswa aktif berorganisasi; Prokrastinasi Akademik; Stress Akademik; Manajemen Waktu